Type something and hit enter

author photo
By On
Setelah pada pembahasan sebelumnya dipocomp mengenai perbedaan http dan https . Yuk sekarang kita bahas antara WWW dan Http . HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) merupakan salah satu standar pengalamatan DNS (Domain Name System) yang mengacu kepada layanan server itu sendiri. Protokol HTTP pertama kali diperkenalkan tahun 1990 yang dipergunakan dalam www sebagai protokol transfer secara nyata atau file mentah. Pengertian tersebut lebih mudah dipahami dalam pengertiannya bahwa semua data informasi yang dikirimkan sesuai dengan isi dokumen tersebut tanpa memandang perbedaan komponen/tipe dokumen tersebut.


Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP disempurnakan kembali menjadi suatu tipe yang mammpu meng-enkoding atau mengakomodasikan segala dokumen yang berlangsung dalam jalur internet. Stetelah itu HTTP terus berkembang untuk mengakomodasi proxy, cache dan persisten. Sehingga tanpa adanya pola www yang anda ketikan di address bar pada web browser anda, maka secara otomatis kegiatan internet mengalihkan dan mengecek kebenaran dan keberadaan alamat yang anda ketikan tadi dan menampilkannya melalui server DNS yang dimaksud. Namun dalam hal keamanannya system HTTP ini bisa dikatakan belum aman dari reka tangan-tangan jahil yang ingin mengambil keuntungan sepihak atau alih fungsi data. Kenapa? Kenapa? (Lihat : Perbedaaan HTTP dengan HTTPS).

WWW adalah World Wide Web (Waring Wera Wanua) sebuah pemograman internet yang menjadi populer sejak diciptakan Sir Tim Benners Lee pada tahun 1991 ketika beliau ingin menggunakan standar tersebut sebagai pengalamatan arsip-arsip pribadi yang dimilikinya agar lebih gampang untuk pencarian informasinya di internet. hal itulah yang membuat perkembangan pengalamatan internet di dunia berkembang pesat. Salut for Tim. Namun seiring dengan perkembangan tekbologi hal tersebut sudah banyak ditinggalkan atau bisa dikatakan sudah kuno dalam artian bahwa masyarakat pengguna internet sudah sering mengabaikan pola pengalamatan www untuk mengakses sebuah situs. Contohnya saja, untuk melihat informasi halaman dari website yahoo, cukup hanya mengetikan yahoo di address bar, tunggu sesaat maka web browser akan melakukan searching ke alamat server yang berdomisili yahoo secara global. Atau mereka juga tidak begitu susah untuk melakukan hal tersebut karena fasilitas google sudah tersedia dan siap melakukan seluruh site yang terdaftar di internet. 

Bukan untuk keseluruhan site yang meninggalkan prosedur www untuk pola pengalamatan arsip dan dokumen yang ada pada situs tersebut, dalam dunia maya masih banyak juga situs ternama yang masih menggunakan www ini sebagai contoh www.blogger.com dan lain-lain. Tujuan utama dari www adalah untuk menampilkan semua arsip-arsip dokumen dari sebuah URL.

Walaupun begitu sadar atau tidaknya kita sebagai pengguna internet aau netter harus menghargai setiap keahlian yang tercipta dari mereka yang berkompeten di bidang internet. Sejarah tidak akan pernah hilang dan dilupakan. 

Silahkan menambahkan komentar anda

Click to comment